Penting! Mood positif hadapi hari Senin.. ini tipsnya

Pernah kah merasa jika waktu weekend itu cepat sekali berlalu? atau  ketika di hari Minggu sore alias malam Senin tetiba feeling gloomy? kalau pernah merasa begitu, yuk simak tips hadapi hari senin dengan semangat. 
Senin itu hari di awal pekan yang mesti kita raih dan persiapkan dengan baik. Ada yang bilang bahwa hari Senin kita itu akan menentukan kualitas kerja dan semangat kita di hari-hari berikutnya. 
Namun entah kenapa muncul kata-kata I hate Monday, bahkan banyak muncul meme yang menunjukkan kalau hari Senin itu adalah hari dimana mood terasa buruk. Hari dimana semua pekerjaan bertumpuk dan hal-hal yang melelahkan akan terjadi. Pokoknya hari senin atau hari pertama setelah liburan itu pasti terasa berat. 
berikut meme yang menggambarkan suasana hati ketika menghadapi hari senin. 

                                                           

   

Sekilas kalau dibaca, memang kocak sekali meme diatas. Namun kalau dipikir lebih jauh, apa iya hari Senin itu seburuk itu.Terkadang tanpa disadari pikiran kita sendiri yang  membuat hari Senin kita terasa tidak menyenangkan dan melelahkan.

Bagaimana kita mau semangat, jika sebelum memulai hari, pikiran kita dipenuhi sugesti seperti meme diatas. Padahal apa yang kita pikirkan, akan mempengaruhi prilaku kita selanjutnya. 

Lalu bagaimana kalau benar-benar tidak mood menghadapi hari senin? apalagi buat kamu yang seorang pekerja. 

ingat Mood dan mental untuk hari Senin itu sebaiknya kita persiapkan sejak waktu weekend dimulai.
 
Ibaratnya, weekend itu adalah waktu untuk mengumpulkan amunisi dalam menghadapi tantangan di hari Senin.

Berikut tips hadapi hari senin... Yuuk

1. Upayakan tidak tidur terlalu larut ketika weekend dan menjelang hari Senin

Sebagian dari kita berfikir bahwa waktu weekend itu adalah waktu yang panjang dan dapat dihabiskan dengan begadang semalaman atau menonton drakor hingga pagi atau melakukan aktivitas lain yang membuat jadwal tidur malam kita berubah jadi lebih malam dari biasanya. 

"Yaah kan besok libur"

Walhasil esok hari nya kita jadi mengantuk dan berat untuk beraktivitas di pagi harinya. Padahal dengan bangun pagi, pikiran kita menjadi lebih fresh dan rileks. Tubuh itu berasa sangat lelah apabila jam tidurkura ng, tentunya hal ini bisa memperngaruhi mood. 

                                                      
2. Mulai hari dengan berolahraga atau menghirup udara segar

Dengan berolah raga dan menghirup udara segar membuat pikiran dan badan kita menjadi lebih bugar dan siap melakukan aktivitas selanjutnya. 

                                                             
3. Quality time bersama keluarga  atau orang yang kita sayangi

lakukan hal yang menyenangkan namun tidak terlalu melelahkan misalnya seperti masak bersama, bermain bersama anak atau bersepeda bersama, karokean bareng dll. qualiy time membuat pikiran kita fresh sehingga lebih positif dalam melihat segala sesuatunya. 

quality time dapat dilakukan dengan hanya uangkan waktu sejenak untuk sekedar ngobrol atau sharing dengan pasangan (bagi yang sudah punya) atau dengan sahabat. 

seringnya kita berbagi cerita  dengan mereka membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hari. Setidaknya ketika sharing, kita bisa release stress kita dan ada teman untuk saling menguatkan

                                                   
4. Pastikan aktivitas di weekend tidak membuat kita kelelahan

kadang karena hari weekend dan merasa hari libur, kita sering melakukan aktivitas fisik yang melelahkan. 

Melakukan suatu hobi boleh-boleh saja, tapi harus tetap memperhatikan kondisi badan kita juga. kalau sudah lelah baik nya beristirahat. 

5. Kurangi intensitas kita memegang gadget

Terlalu sering main gadget membuat mata lelah dan cenderung membuat kita mager. ujung-ujungnya seharian maen gadget. Tanpa sadar sudah minggu sore dan akhirnya kita merasa gak menikmati weekend. 

6. Membuat Jadwal & Persiapkan kebutuhan hari Senin dengan cermat di minggu sore

biasanya mood kita tidak bagus di senin pagi itu juga dipengaruhi dengan banyak hal yang belum kita siapkan untuk kegiatan kita di hari senin. 

Misal bagi ibu pekerja, pastikan kebutuhan untuk anak sudah kita siapkan sejak hari Minggu, misalnya baju seragamnya, atau persiapkan bahan-bahan di hari Minggu untuk masak sarapan besok pagi. 

Jika ada laporan untuk hari Senin, sudah kita siapkan di hari Minggu nya. 

7. Terakhir namun paling penting adalah selalu berpositif thinking dan ingatlah tujuan kita bekerja itu untuk apa

dengan selalu berpikiran positif dan selalu ingat tujuan kita, maka akan menimbulkan energi positif pula untuk diri kita


Senin merupakan hari di awal pekan yang akan membawa kita ke hari-hari berikutnya. 

Pastikan pijakan awalmu baik dan menyenangkan, semoga awal yang baik juga membawa kita pada kebaikan di hari selanjutnya. 

jangan membenci hari senin, justru di hari Senin itulah segala semangat harus kita kerahkan untuk menggapai mimpi kita dan mimpi keluarga kita. 

I hate Monday ? I don't think so !


Picture Sources:

1. Pinterest
2. Pinterest
3. Cosmopolitanfm.com
4. Bugaraga.com
5. permatahijausuites.com





4 komentar

  1. meang kalaus udah libur lama mau masuk itu sukaa malas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kak.. yag sulit itu membangun semangat untuk move on dri liburan😁

      Hapus