Penting! 8 Hal Bagi Pekerja Hadapi Hari Senin

Pernah kah merasa jika waktu weekend itu cepat sekali berlalu? atau tanpa terasa kok besok sudah hari Senin aja ya?. Ketika menjelang weekend, kita jadi semangat, tetapi ketika di hari Minggu sore alias malam Senin tetiba feeling gloomy?. kalau pernah merasa begitu, berarti kita sama nih. 

Padahal hari Senin itu hari di awal pekan yang mesti kita raih dan persiapkan dengan baik. Ada yang bilang bahwa hari Senin kita itu akan menentukan kualitas kerja dan semangat kita di hari-hari berikutnya. Namun entah kenapa muncul kata-kata I hate Monday, bahkan banyak muncul meme yang menunjukkan kalau hari Senin itu waktunya kita kembali ke rutinitas atau back to reality, yang membuat kesan jikalau Senin itu hari yang bikin kita gak mood alias hari yang gak asik . Tidak tau apakah ini hanya pikiran saya saja  atau memang banyak yang mikir begini yaah? seperti banyak yaah yang merasa gini. 

contoh meme kocak tentang hari Senin :D

                                                           

   
itulah meme yang sering kita baca di WAG atau broadcast di sosial media kita. Sekilas kalau dibaca, emang bikin kita ketawa yaa. Tapi kalau dipikir-pikir benar juga kadang tanpa disadari kita yangmmebuat hari Senin kita terasa tidak menyenangkan dan sesuatu yang membuat kita lelah dan stress. 

Gimana kita mau semangat coba, kalau sebelum memulai hari aja, pikiran kita dipenuhi sugesti begitu. ingaat apa yang kita pikirkan, akan mempengaruhi prilaku kita.

trus gimana dong kalau gak mood menghadapi hari Senin?

sebenarnya mood dan mental untuk hari Senin itu sebaiknya mulai kita siapkan sejak masih weekend. 
 
so lakukan hal-hal ini sejak weekend yaah: 

1. Upayakan tidak tidur terlalu larut ketika weekend dan menjelang hari Senin

kita kadang kalau weekend jam tidur bisa lebih malam dari biasa atau bahkan begadang sampai pagi. hal ini membuat kita sulit untuk bangun pagi di keesokan harinya. padahal dengan bangun pagi, pikiran kita menjadi lebih fresh dan rileks. Tubuh itu berasa sangat lelah apabila jam tidur kita kurang, tentunya hal ini bisa memperngaruhi mood kita lho..

                                                      
2. Mulai hari dengan berolahraga atau menghirup udara segar. Dengan berolah raga dan menghirup udara segra membuat pikiran dan badan kita menjadi lebih bugar dan siap melakukan aktivitas selanjutnya. 

                                                             
3. Lakukan hal bermanfaat & menyenangkan bersama keluarga  atau orang yang kita sayangi seperti masak bersama, bermain bersama anak atau bersepeda bersama, karokean bareng dll. 

4. Luangkan waktu sejenak untuk sekedar ngobrol atau sharing dengan pasangan
 (bagi yang sudah punya) atau dengan sahabat

seringnya kita berbagi cerita dan ngobrol membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hari. setidaknya ketika sharing kita bisa release stress kita dan ada teman untuk saling menguatkan

                                                   
5. Pastikan aktivitas di weekend tidak membuat kita kelelahan

kadang karena hari weekend dan merasa hari libur, kita sering melakukan aktivitas fisik yang melelahkan. Melakukan suatu hobi boleh-boleh saja, tapi tetap mempertimbangkan kondisi badan kita. kalau sudah lelah baik nya beristirahat. 

6. Kurangi intensitas kita memegang gadget

ini yang sulit sebenarnya malah justru pegang gadget ini yang bisa kita lakukan secara all out di waktu weekend. tetapi terlalu sering memangang gadget membuat mata kita lelah dan membuat kita mager. ujung-ujungnya seharian maen gadget aja, tau-tau sudah minggu sore dan akhirnya kita merasa gak menikmati weekend. 

7. Membuat Jadwal & Persiapkan kebutuhan hari Senin pada hari Minggu

biasanya mood kita tidak bagus di senin pagi itu juga dipengaruhi dengan banyak hal yang belum kita siapkan untuk kegiatan kita di hari senin. Misal bagi ibu pekerja, pastikan kebutuhan untuk anak sudah kita siapkan sejak hari Minggu, misalnya baju seragamnya, atau persiapkan bahan-bahan di hari Minggu untuk masak sarapan besok pagi. Jika ada laporan untuk hari Senin, sudah kita siapkan di hari Minggu nya. 

8. Terakhir namun paling penting adalah selalu berpositif thinking dan ingatlah tujuan kita bekerja itu untuk apa

dengan selalu berpikiran positif dan selalu ingat tujuan kita, maka akan menimbulkan energi positif pula untuk diri kita


Senin merupakan hari di awal pekan yang akan membawa kita ke hari-hari berikutnya. pastikan pijakan awalmu baik dan menyenangkan, semoga awal yang baik juga membawa kita pada kebaikan di hari selanjutnya. jangan membenci hari senin, justru di hari senin itu laah segala semangat harus kita kerahkan dalam menggapai mimpi kita dan mimpi keluarga kita. Do you hate Monday....? off course not!


Picture Sources:

1. Pinterest
2. Pinterest
3. Cosmopolitanfm.com
4. Bugaraga.com
5. permatahijausuites.com





4 komentar

  1. meang kalaus udah libur lama mau masuk itu sukaa malas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kak.. yag sulit itu membangun semangat untuk move on dri liburan😁

      Hapus