Ketika Ide Menulis blog "Mandeg"

Saya adalah seorang new blogger. Saya menyebut diri seorang blogger biar terlihat kece dikit boleh lah ya😁. Saya memulai membuat blog baru sekitar 3 bulan lalu. Blog ini saya beri judul berbagi cerita

karena memang ide membuat blog ini hanya untuk berbagi pengalaman alias cerita hidup saya, mencurahkan segala pemikiran yang ada di kepala dan juga stress release.

           Source Image: Kompasiana.com

Saya juga mengikuti komunitas blog agar semakin semangat dalam menulis dan sedikit-dikit "mencuri" ilmu dari yang sudah mumpuni di dunia blogging. Jujur menulis di blog ini menjadi semacam bentuk aktualisasi diri bagi saya dalam hal menulis dan menyampaikan opini, walaupun ya hanya seminggu sekali ngepost tulisan. 

Pada awal menulis blog, semua ide-ide itu seakan bermunculan. Ide itu terasa mengalir begitu saja. Namun lambat laun kok ide itu semakin tidak ada dan bahkan sempat saya tidak menulis sama sekali selama 2 minggu. 

Karena memang niat awal membuat blog ini untuk release stress, makanya ketika ide "mandeg", ya saya gak yang terlalu memaksakan diri juga, malah jadi stress sendiri mikirin ide apa ya buat menulis (maklum saya mah orang nya gampang banget stress..hehehe). Cuman ya begitu saya mah, kalau gak dipaksakan malah males. Haha.. dasar emak-emak galau. 

ada untungnya juga saya mengikuti salah satu komunitas blogger, dimana komunitas ini meminta member nya untuk minimal share tulisan nya 1 minggu sekali, jadi ya ada reminder buat saya untuk konsisten dalam menulis.

Mengapa Ide bisa "Mandeg" Ketika Mau Menulis

Sebenarnya kenapa ya ide itu seperti "mandeg" dan susah banget buat keluar terutama buat kita-kita yang new blogger? kalau menurut analisa saya. cee elaah analisa saya, udah kayak pakar aja😎.  Kalau menurut saya ini penyebabnya: 

  1. Berfikir terlalu jauh dan terlalu complicated. Ibarat pepatah Semut di ujung gunung kelihatan, gajah depan pelupuk mata tak terlihat. Kadang kita berfikir untuk menulis sesuatu tema yang cetar membahana, namun kita tidak terlalu paham, sedangkan ada hal yang terlihat sederhana tetapi kita paham sekali kadang kita lupakan.
  2. Kurang membaca. Jujur ketika membuat blog, kadang inginnya tulisan kita yang di baca, tetapi kalau tulisan orang terkadang kita malas untuk bacanya..hahahaa *ini kebiasaan dulu kok, sekarang udah berubah. Karena jujur  bagi saya dengan membaca tulisan dari blogger lain, kadang membuat kita bisa lebih "open minded".
  3. Memaksakan Diri. kadang karena merasa "harus" nulis, saya setelah pulang kantor langsung "memaksa" untuk menulis, padahal badan dan pikiran telah habis terkuras 8 jam tadi di kantor. Walhasil, laptop "nontonin" saya sampai pagi. Boro-boro nulis, baru buka laptop dah "molor" . Hal ini tentunya berbeda jika saya menulis di weekend atau pas lagi cuti.
  4. Terobsesi dengan banyak nya reader atau comment di blog kita. terkadang saya ketika nge-post tulisan di blog pengen banget banyak yang membaca dan comment yang muncul. Hahaha jujur saja saya masih begini terkadang. Ketika reader tidak ada atau comment juga nihil, kadang bukannya saya jadi terpacu untuk menulis lagi, malah jadi demotivasi. Akibat demotivasi ini, ide kadang gak muncul. Jadi inget waktu pertama kali nulis di blog.. tidak terlalu paham statistik pembaca dan lain-lain, justru jadi mengalir saja ide nya. menulis tanpa beban.
 

4 hal itu sih bagi saya yang membuat "ketiadaan" ide dalam menulis di blog. Lalu saya mencoba untuk mencari solusi dari masalah ketiadaan ide ini dengan membaca tulisan dari beberapa blogger yang sudah mumpuni di jagad blogging ini dan tentunya juga si mbah "Google". 

Tips Memunculkan ide ketika "mandeg"

dari beberapa referensi dan juga pemikiran saya, berikut ini tips nya untuk "membangkitkan ide kita yang terkubur" *Lebay*

  • Membuat "Daftar Ide" tulisan selama seminggu atau selama sebulan. Jadi kalau pas lagi "mandeg" ide, nah list ini bisa membantu kita. Jadi bukan hanya ke pasar saja yang mesti ada list belanjaan, nah nge-blog juga mesti ada list ide biar gak kelupaan. 
  • Menulis lah suatu hal yang "dekat" dengan diri kita. Mungkin menulis tentang kebiasaan kita sehari-hari, kejadian yang dialami hari ini atau review buku atau film kesukaan.  Tetiba muncul ide mau nge-review film. hahaha tu kaan, makanya tuliskan saja apa yang ada dipikiran, dapet ide baru.
  • Atur waktu agar kita punya "me time" untuk menulis. Misal, kalau saya "me time" menulis itu malam minggu dikala anak sudah tidur atau ketika lagi santuy depan TV daripada nonton sinetron "I am crying" lebih baik nulis blog. kalau pikiran kita rileks dan tenang, insya Allah ide itu hadir.
  • Kalau pas lagi "mandeg", justru langsung saja menulis & gak usah kelamaan serta kebanyakan mikir. Tulis lah semua yang ada di pikiran kita. Seperti tulisan saya ini, muncul di kala saya bingung ide apa yang mesti saya tuliskan ke dalam blog ini. 
  • Mencoba membuat "project" nulis bareng dengan sesama blogger atau mengikuti kompetisi menulis blog yang sudah ada tema. Misalnya saya pernah "share" tulisan saya ke komunitas #1m1c dimana tema di minggu itu adalah " terpaksa", jadilah saya terpaksa menulis dengan judul The Power of "Terpaksa". Setidaknya kalau ada tema seperti itu, pikiran kita bisa fokus. 
  • Belajar lah untuk tidak "overthinking", biar otak "fresh" dan hati "plong".  Kadang pikiran yang ruwet, bikin otak kita mumet walhasil ide kita jadi mampet. 
  • Tidak usah terlalu memikirkan atau terobsesi dengan jumlah statistik pembaca di blog. Biarlah ide itu hadir tanpa paksaan dan beban. 

Menulis adalah hal yang menyenangkan, karena dengan menulis kita bisa bercerita banyak hal dan melapangkan pikiran kita. Menulislah karena memang kita menginginkannya bukan karena paksaan apalagi karena terobsesi dengan rating atau jumlah pembaca. 

Menulislah dengan hati dan pikiran yang lapang, maka ide akan muncul berlengggang.

Tulisan ini untuk menyemangati para new blogger seperti saya, agar tidak berhenti untuk menulis, selalu bersemangat dalam berbagi cerita, semangat dan wawasan melalui blog.  

tetap semangat! Merdeka!!πŸ’ͺπŸ’ͺ😊


#tipsmenulis #blogger #berbagisemangat #bagipenulispemula #newblogger





5 komentar

  1. Jangankan new blogger, yg udah lama kecimpung di blog pun, masih seriiiiiing mandeg kok mba :D. Apalagi yg blognya punya Niche khusus.

    Blogku itu traveling dan kuliner. Aku ga nulis hal2 di luar itu, Krn memang traveling itu passion dari dulu. Masalahnya di saat pandemi gini, artinya aku ga bisa kemana2, dan ide jd bnyak mandeg secara ga ada tempat baru yg aku datangin :D.

    Klo udah mentok , aku suka buka sih koleksi foto2 lama, tp jujurnyaaa, aku agak susah mengingat lg kalo hanya based on foto lama. Feel-nya udah ga dapet :D. Tp biar gimanapun, aku bakal ttp selalu update blogku minimal 2 Minggu sekali dan ttp sesuai tema . Krn ga pengen juga blog jd tanpa update an :D.

    Aku setuju tuuh yg ttg nulis blog ga usah mikirin rating dan komen. Kalo terlalu mikirin itu, dijamin kontennya jd ga maksimal, kdg terlihat maksa dan ujug2 pembaca juga malas komentar dan balik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyup bener kak.. menulis sesuai passion kita seru juga ya kak, pgn buat niche sesuai passion, tapi ini coba membiasakan diri nulis aja dulu😁. senang bisa saling kasih semangat sesama blogger. menulis memang mesti dri hati ya kak, beda rasanya emang kalo menulis dri hati dengan menulis krn mengejar rating..hehee. makasih kak dah baca artikel ku😊😊

      Hapus
  2. Wah jadi ngerasa berkaca dgn diri sendiri nih, saya juga suka mandeg nulis soalnya πŸ˜…

    Apalagi waktu baca poin yg "terobsesi dgn komentar dan jumlah reader", yahh saya banget lagi πŸ˜‚

    Terimakasih untuk tulisan yg sangat open my mind mbak, sangat membantu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. sama2 saling support sesama blogger. aku juga masih terus motivasi diri u nulis terus walopun seminggu sekali..hehhee. makasih kak dah baca artikel ku😊😊

      Hapus
  3. Saya awal gabung blogger tahun 2019 bulan juni atau juli gitu, hampir satu tahun terobsesi sama pembaca banyak tapi nihil hal kayak gitu memang bisa buat down dan jadi malas menulis bahkan jadi gak punya ide mau nulis apa. Dan yeah sekarang sadar kayaknya blog buat seru seruan aja, dapat pembaca banyak ya alhamdulillah dikit yahh.. ayo belajar lagi😁 intinya memang kalo terobsesi itu malah bikin hancur berantakan.. setuju banget sih sama kalimat ini "Menulislah dengan hati dan pikiran yang lapang, maka ide akan muncul berlengggang."

    Semangat kakak😊

    BalasHapus