UUA: Ujung-ujungnya Alergi

Pada malam itu terlihat mama sedang kebingungan dan ada raut kepanikan di wajahnya. terlihat beliau sedang mencari-cari sesuatu di dapur. Sementara itu di ruang tengah, kakak meringis sambil menggaruk-garuk  tangan dan wajahnya yang telah tampak kemerahan.
 
 
 
tak lama dari itu, Mama langsung bergegas ke ruang tengah dan memberikan susu bergambar beruang kepada kakak. Susu pun langsung di teguk habis oleh kakak sampai tak bersisa lagi.  Ludess....!

"Laah ma..., kok cuma kakak aja sih yang dikasih..!" hahhaa jiwa iri dengki saya membuncah.
"kakak itu alergi, tadi abis makan udang...!"
 "Susu itu bisa netralisir alerginya, dek!", lanjut mama ku seraya memberikan 1 kaleng susu dingin kepada ku. 

Saya lihat wajah kakak kok berubah banget ya.  Seriusan wajahnya kayak abis di keroyok tawon. Bengkak dan muncul bentol-bentol di wajah dan bagian tubuh lainnya. bibirnya dower karena sakingnya bengkaknya.....hhahaaa (Ups.. maaf yaa saya ketawa, entah kenapa kalau saya inget wajah kakak saya saat itu, malah pengen ketawa. jahatnyaaa saya)

sengaja saya iseng banget waktu itu, memandang kakak dari deket sambil memperlihatkan muka heran dan sedikit ngeledek.

"idiiih mukanyaa serem banget, teruss bibirnya tebal amat.." hahahaa, ledek saya.
"Udaahh! gak usah diliatin sih! kata kakak sambil gegarukan gak keruan.
"makanya.., kalau makan udang itu jangan rakus.. semuanya di makan!  sukuriiin!.. ledek kuu sambil rada kesel karena dibentak.

Kondisi itu membuat kakak kapok dan ogah yang namanya makan seafood.  Sedangkan saya santai saja kalau makan seafood. "gak alergi kok, jadi tenang aja". 

Ketika beli seafood, pasti yang banyak makan itu adalah saya.  Secara yaa yang paling kuat makan seafood itu sebenarnya saya dan kakak. Namun karena kakak sudah gak kuat gegara alergi,  jadilah saya yang melahap semua makanan itu.

tak terasa kejadian ledek meledek gegara alergi itu  sudah berlalu 20 tahun.  sejak hari itu, saya perhatikan kakak jarang makan seafood terutama udang. Kalau dia tetiba kecolongan makan udang, maka yaaah bentol-bentol gede itu akan muncul lagi di sekukur badan dan wajahnya.

Kalau dulu sering banget saya ngisengin kakak karena alerginya itu. saya  sengaja banget dengan lahap makan udang di depan dia. Trus pernah, dia lagi makan mie instan sengaja saya tumpahin ebi di kuah mie nya lalu saya aduk-aduk.  Kurang ajar banget siih sebagai adik kalau dipikir-pikir. Yaah namanya juga dulu masih kecil jadi belum bisa empati. 

Sekarang karena sudah dewasa, yaa saya pasti mengerti laah yaa. Jadi kalau kakak saya dateng ke rumah, walaupun pengen banget masak udang saus tiram atau tumis udang cabe ijo, saya tetap tidak pernah hidangkan menu itu ketika kami makan bersama. Kasihan kalau ada udang dan dia jadi kalap makannya, malah alerginya muncul.

 

Nikmatnya Quality Time

Suatu hari,  kami sekeluarga datang berkunjung ke rumah saudara kami yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari laut, rumahnya Wak Mar. Biasanya jika kami datang, kami selalu disuguhi aneka makanan laut, termasuk udang. Udang nya dibakar dengan bumbu sederhana dan dihidangkan dengan sambel terasi panggang dan  sambal mangga yang segar yang memang jadi ciri khas didaerah sana. Kebayang dong yaa... nikmatnya gimana itu...hahahaaa. 
 
@shutterstock

Kami semua makan lahap malah sampai nambah 2 piring. Kali ini kami bisa bebas makan udang karena kakak dan keluarganya tidak ikut serta, karena harus pergi ke Semarang. jadi.. bisa bebas makan udang tanpa harus menjaga perasaan kakak saya yang alergi seafood itu.

acara makan siang pun selesai dengan perut kami yang kekenyangan walaupun  sesekali masih aja ada yang ngemilin udang bakar yang masih ada beberapa ekor lagi. Sayaang kalau dibuang.. mubazir!

setelah puas ngemil udang dan minum es kelapa muda, kami sekeluarga berkumpul di teras belakang yang dekat  dengan kolam ikan. Disana telah disuguhi asinan jambu dan mangga yang diambil dari pekarangan belakang. Warna merah muda jambu air dan kuning-kuning mangga bercampur rasa pedes, manis dan asin bumbu rujak bercampur ebi dan cabe garamnya, membuat air liur bercucuran (hahhaa lebay) dan lupa lhoo kalau tadi abis makan 2 piring. 

Saat itu benar-benar quality time bagi kami. Berkumpul dengan keluarga sambil ngemil asinan bumbu ebi dan ditemani dengan suara air kolam ikan, semakin menambah nikmatnya hari itu. Alhamdulillah.

Betah banget berlama-lama disana. Namun sebetah-betahnya kita, memang harus ingat waktu pulang. Tak terasa sudah menjelang sore dan waktunya kami harus pamit dengan Wak Mar. Besok hari Senin saatnya harus memulai kembali rutinitas. Haduuh rasanya berat banget harus meninggalkan hari Minggu yang seru kali ini.  Pengen libur aja lagi.. lanjut menikmati short trip kali ini. 

sebelum kami bergegas pulang, tak lupa wak mar membawakan  kami 2 kilo udang segar dan 1 ekor ikan kakap. "Nih... untuk dimasak dirumah ya", katanya. hahahaa, saya kegirangan banget dikasih itu. Lumayaan.. gak perlu ke pasar nyari udang gede-gede begini. 

dalam perjalanan pulang dari rumah wak mar ke rumah kami, saya menyempatkan diri menelpon kakak. saya ceritakan semua apa yang kami lakukan serta nikmatnya hidangan udangan yang disuguhi Wak Mar tadi. 

tentu saja yang jadi highlighted cerita saya adalah gimana nikmatnya nya rasa udang bakar, sambel terasi yang dimakan bareng sama nasi anget dan aneka lalapan. Lagi nulis aja sambil nelan ludah lho saya. hahahaa

Sengaja banget cerita secara detail, biar doi kepengen...hahhaaa. Padahal saya tau banget, kakak itu sebenarnya masih suka coba-coba makan olahan seafood tapi gak berani makan banyak karena takut alerginya kumat. Jadilah dia cuman nelan ludah aja dan bilang 

" yaah emang rejeki lu itu mah dek, bisa makan apa aja.. gak pake alergi". 

yoii dong kak, gue kan dari dulu kuat, gak alergian kayak lu..! kata saya semangat

"hahahaa...dasar lu yaa dek, awas lu kualat ma gue, alergi juga lu!"

 

Ketika "Dia" Muncul

Persiapan menghadapi hari senin dimulai. persiapan mood, fisik & mental untuk hari senin harus extra. Mulai dari minum vitamin, minum air putih yang banyak dan minum tolak angin..hahahaha. Biar gak masuk angin dan fit pas di paginya.

Namun entah kenapa malam itu badan saya rasanya pegal & lemas sekali. Badan pun mulai terasa anget. Waduuh mau flu berat nih pikir saya. Tetapi saya gak terlalu gubris, toh sudah minum semua amunisi..hahhaa, paling cuma capek aja. besok insya Allah badan segar. sugesti kedalam diri saya.

Jam sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB dan sudah saatnya mata ini terpejam dan tubuh istirahat. Namun saya masih sulit tidur, badan terasa makin anget dan saya demam. Selain agak demam, kulit di bagian leher saya terasa gatel dan panas. Makin saya garuk makin gatel dan makin nyebar merah-merahnya.

Saya kompres dahi & leher saya dengan handuk yang dicelupkan kedalam air yang agak dingin, biar sejuk dan gatel-gatel di leher hilang. Awalnya adem banget, tapi lama-lama kembali jadi anget dan rasa gatal pun makin jadi. Kali ini bukan hanya di leher saja, tetapi punggung serta tangan sudah mulai gatal juga dan muncul merah-merah.

waduuh saya kenapa niih? saya jadi agak panik. mengingat sekarang sudah jam 24.00 tapi masih saja belum bisa tidur. Asli gak nyaman banget, badan panas & gatel-gatel.

saya pun bangun dari tempat tidur karena ingin cuci kaki dan mengelap badan biar agak segeran. Gak sengaja saya menolah ke cermin dan disitu saya baru sadar..... 

muka saya bengkak, merah dan muncul bentol-bentol besar di wajah, tangan, leher dan punggung sayaa. Ternyataaa saya alergiiii.... huhuuuuuu. Langsung saya teringat dengan kakak saya yang alergi udang itu. 
Kok wajah saya gak jauh beda dengan kakak saya ketika dia alergi dulu. Ya Allah... benerannn saya jadi kualat sama kakak. Saya baru merasakan gak enaknya alergi.
Seketika itu saya jadi ingat kebiasaan mama dulu. Ketika kakak alergi pasti mama memberikan kakak susu putih bergambar beruang itu. Lalu buru-buru saya ke dapur dan buka kulkas. Alhamdulillah susu nya ada di kulkas. tanpa menunggu lama, langsung saya teguk habis susu itu. "Bismillah semoga alergi ini bisa hilang...Amiin!".
 
Kemudian saya taburi bedak ke badan saya, AC saya set lebih dingin biar badan saya lebih nyaman. walaupun agak struggling mau tidur, akhirnya saya bisa tidur juga setelah 30 menit badan rusuh bolak balik di tempat tidur. Ternyata saya itu alergi karena terlalu banyak makan udang sedangkan saat itu kondisi saya memang sedang tidak fit. 
 
Pagi saya bangun, alhamdulillah alerginya sudah hilang serta bentol-bentol diwajah dan badan sudah tidak ada lagi. Namun karena badan masih lemas dan kepala pusing karena kurang tidur, jadilah saya ijin ke kantor untuk tidak masuk karena sakit. Hadeuuuh gegara alergi semalam saya terpaksa "Libur" di hari Senin.  Bukannya liburan malah harus libur dulu karena mesti istirahat.

Lalu apa kabar dengan udang 2 kilo? yaaaah terpaksa good bye dulu deh, udang itu saya langsung kasih ke tetangga saja. Sementara saya istirahat dulu makan udang, saya jadi trauma gegara kalap makan udang malah jadi alergi.
 
sejak saat itu, saya lebih bijak makan makanan yang berprotein tinggi seperti seafood. makan ya secukupnya saja, gak usah kalap. Tak lupa saya selalu menyiapkan stock susu putih di kulkas. selain karena saya memang mulai rutin minum susu bergambar beruang ini, stock susu itu juga saya siapkan untuk berjaga-jaga ketika saya atau keluarga saya alergi.

Begitulaah cerita saya tentang pengalaman alergi. Alergi itu bisa terjadi pada siapa saja, namun bisa jadi setiap orang akan berbeda-beda sensitifitasnya. Alergi juga bisa muncul ketika bahan makanan yang kita makan tidak dalam keadaan segar. Alergi juga dapat terpicu jika metabolisme kita kurang fit.
 
Jadi kenali apa yang memicu alergi terhadap tubuh kita, hindari pemicunya. Minumlah obat atau susu atau lainnya yang dapat menetralisir alergi. Namun, jika alergi sudah parah sebaiknya segera saja periksakan ke dokter. 
 
jujur, alergi itu gak enak dan kalau kebetulan kita lagi diluar rumah dalam keadaan alergi bisa bikin gak pede karena ruam dan bentolnya itu show off banget di area wajah...hahahhaa.

Cerita ini saya sertakan didalam challenge menulis mingguan bertema #alergi pada komunitas #1M1C

Referensi Gambar:

1. Liputan6.com
2. Sahabatnestle.co.id
3. Lemonilo.com











2 komentar

  1. pengalaman yang menarik nih mba, saya jadi baru tau kalo susu bisa membantu menetralisir efek yang ditimbulkan oleh alergi. salam kenal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. tpi tergabtung alerginya. kalo saya cocokmya minum susu putih. makasih yaa mba dah mampir ke blog ku. salam kenal juga mba

      Hapus