Tidak semudah itu

Kadang di kehidupan ini ada banyak hal yang kita lihat seperti nya mudah untuk dilakukan, namun ketika kita lakukan atau jalani sendiri, ternyata tidak semudah itu. Tidak.. tidak  semudah itu marimar..💃💃

Sederhana saja contohnya, seperti hari ini mamak coba bikin camilan buat si kecil. Rencananya mau buat camilan yang simpel dan tidak pakai ribet. Mamak coba ingat-ingat kira-kira camilan apa yang mamak doyan banget ketika masih single dulu alias masih jomblo. 👩

Seketika teringat camilan yang renyah dan enak.. Churros...! pasti tau dong yaah, makanan ini. Donat dari Spanyol. yummyyy!

                                  Ekspektasi

          Source image from cookingclassy.com

Karena selama ini cuma taunya beli dan makan saja dan gak pernah mikirin ini gimana cara buatnya. Step pertama lihat-lihat channel masak memasak dulu di Youtube, setelah itu cuss beli bahan-bahannya. Kalau dilihat buat churros itu gampang apalagi yang ngasih tutorial bilang " gampang banget sis.. gak pake ribet".  Mamak semakin semangat untuk segera buat churrosnya.

Alhamdulillah proses pembuatan adonan awal berjalan dengan lancar, sesuai dengan petunjuk dari channel masak memasak itu. Setelah adonan dingin, mulai saatnya pencetakan churros. Piping bag sudah disiapkan, cetakan juga sudah disiapkan.

saat nya memasukkan adonan kedalam pipping bag. Dan saatnya ujian itu dimulai..hehehe

Dan disamping mamaknya yang semangat.. tentunya tidak kalah si cantik kecil anak mamak juga membara semangatnya untuk membantu (membantu ala-ala anak balita.. you know yaah.. keriweuhannya.. 😁😁)

Setelah adonan sudah agak dingin, mamak masukkan ke dalam piping bag. Waktu dimasukkan ternyata adonannya Lengket di pipping bag. Belum lagi ternyata ujung plastik piping bag belum digunting, padahal adonan sudah di masukkan kedalamnya. Segera nyari gunting, ternyata gunting yang ada itu tumpul dan terpaksa potong ujung piping bag itu dengan pisau dapur walhasil potongannya tidak rapi.

Belum lagi karena terlalu semangat menekan piping bagnya, membuat piping bagnya jadi berlubang dan adonan churros keluar-keluar dari lubang itu, jadilah tangan mamak belepotan dengan adonan churros. Akhirnya mamak ganti saja piping bag yang berlubang itu dengan yang baru, tapi karena adonan di pipping bag yang berlubang masih banyak, akhirnya mamak pindah kan adonannya ke pipping bag baru. adonan lengket ditangan, terus pas dimasukkan kedalam piping bag baru, banyak adonan yang jatuh dan lengket di sendoknya.

Kayaknyaa di tutorialnya gampang banget yaaahhh. ya Allah tolooong, tadinya masak mau sebagai penghilang stress malah masak jadi nambah stress.. hahhaaa.

Menurut penjelasan di tutorialnya, adonan dalam piping bag bisa langsung di tuangkan memanjang ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Karena takut gosong, adonan dalam piping bag itu mamak taruh ke dalam loyang yang telah dilumuri tepung terigu sebelum dimasukkan kedalam penggorengan.

Ternyata membuat churros bagus itu susah yaah.. gak semudah ngeliat di youtube.

adonan pertama dicetak, hasilnya adonannya terlalu gepeng dan telalu kecil (pengennya churros yang bentuknya stick gemuk, jadinya malah stick kurus kering), lalu coba lagi dicetakkan kedua, bentuknya sudah lumayan besar dan ukurannya sesuai dengan churros yang mamak pernah makan. Akhirnya mamak penuhi loyang itu dengan churros berbentuk stick seperti yang mamak mau. 

"Asiiik... jadi nii churros pasti mantul" pikir mamak kegirangan. Padahal akan ada lagi tantangan menanti. huhuuu..

Saatnya tiba waktu menggoreng. 

Mamak coba ambil satu adonan stick dari dalam loyang. Ketika diambil ternyata churros yang sudah berbentuk stick itu lengket di loyangnya!!... hadeuuuuh.

Jadi ketika mau diambil dari loyang, adonan berbentuk stick itu patah. Dari keseluruhan adonan, ada kali itu setengah dari adonan berbentuk stick yang patah dan jadi hancur sebelum di goreng. 
                  
Sedangkan sebagian yang telah tergoreng, jadinya gosong dan hasilnya berminyak banget dan kalau dimakan terasa banget banyak minyak di bibir, seperti habis makan gorengan bakwan.

Singkat cerita, mamak coba cetak lagi untuk ketiga kalinya adonan churros itu dan Alhamdulillah sudah jadi dengan bentuk beraneka ragam, ada yang panjang, ada yang pendek, ada yang bentuknya melingkar dan ada yang bentuknya elips gak simteris. Soal rasanya, yaa lumayan laah bisa kemakan.

Lalu mamak siapkan churros yang di goreng dan mamak taburi gula pasir yang sudah dicampur dengan bubuk kayu manis. Lalu mamak taruh beberapa churros ke dalam wadah popcorn ala-ala bioskop untuk si cantik kecil anak mamak. 

Ini niih hasilnya🤣🤣

                              Churros ala ala🤪🤪

Tetapi yaaah karena itu bentukkan churros beraneka ragam tidak beraturan😅😅 dan warnanya agak sedikit kecoklatan alias agak gosong... si cantik kecil bilang " iiihh aku ga mau maa, nanti rasanya pait.." yaahhhh... penonton kecewa.

Dan...begitulah drama masak memasak ini berakhir. 

Diakhiri dengan penolakan si cantik kecil dan dengan cucian piring yang menumpuk serta dapur yang  super berantakkan.. hufhhhh.

yowesss.. sing sabar yaah mak, karena sesungguhnya segala sesuatu yang terlihat mudah, belum tentu mudah juga dalam prakteknya.

ya itulah ceritanya hari ini. Namun dibalik drama masak churros hari ini, ada banyak pelajaran yang bisa mamak ambil.

ini niih mamak coba summary kan:

  1. Pelajari dan perhatikan dengan seksama langkah-langkahnya. Kadang sesuatu yang terlihat mudah atau kita anggap enteng, membuat kita tidak kritis dan tidak teliti dalam memahami informasi yang ada alias ceroboh.
  2. Dalam melakukan sesuatu yang baru, jangan terlampau terbawa nafsu untuk harus sukses diawal, karena segala sesuatu itu butuh latihan dan butuh jatuh bangun. Mungkin butuh melalui kegagalan berulang kali baru sukses. Harus bersabar dan pantang menyerah untuk bangkit dari kegagalan.
  3. Melakukan segala sesuatu hal diperlukan pikiran jernih dan tenang. Karena bisa jadi dalam perjalanannya akan ada banyak hal terjadi disekitar kita yang dapat  mempengaruhi konsentrasi dan membuat kita kalut. So stay calm and positive.
  4. bisa jadi apa yang kita usahakan, hasilnya tidak seperti yang kita inginkan. So be positive thinking saja, karena sesuatu yang tidak kita sukai, bisa jadi itu baik bagi kita. begitu juga sebaliknya
  5. and the last is just enjoy the journey and be prepared to get the result beyond you think. 

okee dehhh... segitu dulu deh cerita hari ini. 

mamak nulis ini di hari minggu malam..

tinggal 15 Jam lagi mau berangkat kerja... 

huffhhh siapin semangat, bulatkan tekad, panjatkan hajat.. dan memberi makna di hari ahad... 



bersama si cantik kecil yang sibuk dengan HP nya..

21 Juni 2020

2 komentar

  1. Hahaha tapi lebih parah aku bikin churros nya jadi tidak berbentuk wkwk ini punyamu masih cantik tampilannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi yaah enakan beli aja kak..hahaha tinggal haap

      Hapus