Jeratan "Godaan Sekali ini saja"

Sudah sebulan, saya tidak berbagi cerita di blog ini. 

Sejujurnya saya juga bingung mau menuliskan tentang apa. 

Sebulan yang lalu saya mengalami beberapa kejadian yang membuat mood saya menurun dan keinginan untuk mendalami hobi baru saya ini juga menurun.  

awalnya saya berusaha untuk menulis seminggu sekali kemudian berlalu 2 minggu hingga pada akhirnya genap sebulan, saya tidak post tulisan sama sekali. 

Hingga hari ini saya tersadar bahwa menulis itu membutuhkan konsistensi dan perjuangan. 

Saya paksakan diri saya untuk segera menulis dan minimal ngepost satu tulisan di weekend ini. tetap semangat!

Tips konsisten melakukan sesuatu

Godaan Sekali Saja.. Apaan itu?

ada yang bilang bahwa kita itu harus menghindari "godaan sekali ini saja". 

Saya mendengar istilah ini ketika mengikuti webinar di kantor saya yang membahas tentang Healthy lifestyle.

Godaan sekali ini saja, terkait dengan kita yang sering bilang "ya udah deh sekali ini aja gak diet... " atau " sekali ini aja deh ga usah nge-gym". 

Awalnya cuma sekali ini saja, lama-lama sekali sajanya berulang menjadi beberapa kali. 

Beberapa kali lalu menjadi kebiasaan baru. Dan apa yang sudah kita rencanakan, pada akhirnya hanya menjadi wacana saja.

sepertinya "godaan sekali ini saja" sudah menjangkiti diri saya. hadeuuh dah kayak penyakit aja. 

Tapi dipikir-pikir, emang ini penyakit siih. penyakit bagi diri yang sedang berusaha konsisten dalam melakukan improvement. 

Kalau kita tidak segera menyadarinya dan berusaha untuk mengobatinya, maka sudah bisa dibayangkan akhirnya. Penyesalan.

Godaan sekali ini saja, kalau saya boleh mengibaratkan adalah seperti sebuah pilihan. 

Pilihan yang sebenarnya memberikan kita peluang untuk berfikir sejenak, agar  ketika kita sudah menjatuhkan pilihan, kita siap dengan konsekuensinya.

Misalnya, ketika saya punya target untuk ngepost tulisan minimal 1 tulisan disetiap weekend, maka ketika 1 kali weekend saya tidak post tulisan, mestinya di weekend selanjutnya saya harus post 2 tulisan.

Nah ini yang berat bagi kaum rebahan tulen seperti saya. pengennya sekali saja tidak posting tulisan, tetapi next weekendnya berat banget buat nerbitin 2 tulisan. alasan ajaa lu!... wkwkwkkk.

Godaan sekali ini saja pasti pernah dialami oleh setiap orang. namun tidak setiap orang bisa menanggulangi dampak dari godaan ini. butuh perjuangan untuk mengatasinya. 

Perjuangan dan dukungan dari lingkungan sekitar memang sangat diperlukan.

Semua di mulai dari diri sendiri

Godaan sekali ini saja terkadang muncul dari dalam diri kita sendiri. 

Godaan ini hadir ketika muncul rasa jenuh akan rutinitas yang kita lakukan. rutinitas yang saya maksud adalah suatu perbuatan yang rutin kita lakukan karena ada tujuan yang ingin kita capai.

Rasa jenuh itu memang suatu hal yang manusiawi dan setiap manusia pasti mengalaminya. hanya saja rasa ini tidak bisa kita biarkan berlarut-larut. harus ada ada action yang mesti kita lakukan.

kita perlu bertanya pada diri kita, kenapa kita harus melakukan rutinitas tersebut. apa tujuan kita melakukan itu.  

flashback lagi harapan dan tujuan yang hendak kita gapai ketika kita berhasil secara konsisten melakukan apa yang sudah kita rencanakan.

Setidaknya dengan kita mengingat kembali tujuan kita, kita bisa menyadari bahwa rehat sejenak itu boleh saja.

Namun jangan sampai skip sekali ini saja menjadi suatu kebiasaan baru yang pada akhirnya membuat kita melupakan tujuan kita. Untuk mencapai tujuan itu diperlukan konsistensi dan perjuangan. 

Cerita saya dengan "godaan sekali ini saja"

saya berkaca pada diri saya, seperti yang saya ceritakan diawal bahwa sudah genap sebulan saya tidak menulis. 

Tidak posting tulisan sama sekali selama 4 minggu berturut-turut. begitulah.. saya sudah terjebak didalam godaan sekali ini saja. 

Awalnya saya hanya absen menulis di minggu ke-21, namun hingga minggu ke-25, blog saya sepi dari postingan. 

Saya membuat blog ini 6 bulan yang lalu. Selama 5 bulan, bisa dibilang saya rutin menulis dan posting tulisan. 

Saya menulis memang di waktu weekend, karena di weekend lah saya baru bisa fokus menulis setelah 5 hari sibuk bekerja sebagai pegawai kantoran. 

sejak awal bangun blog ini, saya tidak pernah absen dalam menulis. setiap weekend pasti saya posting 1 atau 2 tulisan. 

Bahkan pernah dalam 1 weekend saya bisa posting 3 tulisan. saking semangatnya, begadang pun saya jabani demi menghasilkan sebuah tulisan. 

walaupun harus begadang, saya tetap lakukan dengan penuh semangat dan passionated. hal ini saya lakukan, karena saya punya tujuan. Menjadi penulis handal dan menjadikan blog saya sebagai referensi bagi working mom blogger lainnya. 

saya punya prinsip tidak apa tidak menulis setiap hari, namun setidaknya 1 kali dalam seminggu,  saya posting tulisan di blog. 

Saya selalu berusaha konsisten untuk menulis seminggu sekali. hal ini saya lakukan dengan semangat apalagi saya juga sudah menjadi anggota komunitas kece para blogger yaitu komunitas 1 Minggu 1 Cerita (1M1C). Semakin menggelora semangat untuk menulisnya. 

namun, hal tersebut seketika terhenti di minggu ke-21. saat itu saya sedang banyak sekali deadline kerjaan kantor, yang jujur menguras emosi dan membuat fisik saya drop. karena selama hari kerja di minggu ke-21 itu, full mengerjakan laporan dan presentasi.  

Hal ini membuat saya jenuh. Jenuh sekali. Namun karena pekerjaan, ya saya harus paksakan diri. mau tidak mau dilakukan.

Kejenuhan dalam pekerjaan ini, membuat saya juga jenuh untuk melakukan hal lainnya, apalagi yang berhubungan dengan menulis dan membuat jurnal.

Boro-boro menulis dan posting tulisan, buka laptop saja rasanya berat banget di weekend itu. Walhasil, weekend ke-21,  hanya saya isi dengan rebahan dan nonton. 
ketika malas ngeblog


pikiran saya saat itu adalah "yaudah deh sekali ini saja, absen dulu nulisnya", "nanti di minggu ke- 21 mulai lagi"

Rencananya hanya absen menulis di minggu ke-21,  namun hingga minggu ke-25, saya tidak posting tulisan sama sekali. 

Begitulah... saya sudah terjebak dalam godaan sekali ini saja.

menyadari sudah terjebak begini, tidak ada pilihan lain bagi saya, kecuali bangkit dan ingat kembali tujuan saya buat blog.

Selain itu, jangan sampai saya di drop dari keanggotaan komunitas 1M1C. sekali lagi saya absen posting tulisan, saya akan di remove oleh kakak admin dari WAG komunitas ini. tidaaaak!

Bagaimana bangkit dari "Godaan sekali ini saja"?

kita tahu bahwa kita sering terjangkit godaan sekali ini saja, artinya tidak mungkin kita hindari.

Namun perlu diingat,  ini adalah pilihan hidup kita. pilihan yang memiliki konsekuensi. dimana dibutuhkan kesiapan diri kita menghadapi konsekuensi tersebut.

godaan sekali ini saja mirip dengan istilah coba-coba.  Awalnya coba-coba, jadi keterusan lalu menjadi nyaman. nah lhoo.

Kalau coba-coba untuk hal yang baik, itu bagus yaah. kalau coba-coba nya hal negatif dan cenderung merugikan seperti godaan sekali saja ini. Bisa dibayangkan bagaimana akhirnya. 

hadeuuuh jangan sampai deh kita dalam kedaan begitu. lalu gimana dong kalau godaan sekali ini saja muncul. 

Sejujurnya tidak ada teori terkait dengan ini, ya sependek pengetahuan saya yaah. kalau ada yang punya informasi mengenai ini, yuuk kita saling berbagi cerita. 

kalau pengalaman pribadi saya, untuk bisa lepas dari "godaan sekali ini saja", saya lakukan hal-hal berikut:

1. Ingat kembali tujuan saya

Misalnya saya mengingatkan lagi diri saya akan tujuan saya membuat blog. saya baca-baca lagi postingan saya yang dulu-dulu. 

Dengan membaca lagi tulisan saya terdahulu, saya jadi mengingat kembali suasana saya menulis saat itu.

Bagaimana semangatnya saya dalam menulis. flashback masa-masa indah ketika semangat berbagi cerita. 

ingat lagi tujuan yang menjadi dasar kita melakukan sesuatu.  tujuan kita kenapa harus diet, tujuan kita kenapa harus nabung atau tujuan kita mengapa hidup bersih dan sehat. 

Balik lagi apa sih tujuan kita melakukan segala sesuatu itu . Pastikan tujuan itu memang baik dan membaikkan diri kita yaah. 

2. ikuti komunitas atau lingkungan yang positif

saya beruntung sejak awal buat blog saya sudah menjadi member komunitas 1M1C ini. dengan tergabungnya saya di WAG komunitas ini, setiap minggu selalu ada reminder buat saya untuk menulis.

 Apalagi semua membernya aktif "congkak" di group. semakin membuat saya mau tidak mau harus bangkit. ya setidaknya ter"trigger" juga dengan "jangan sampe gue di remove ma kakak admin"...waakakak. Salam congkak!

3. Sadari bahwa kita hanya sedang rehat sejenak, bukan selamanya

kadang kita tidak menyadari bahwa saat ini kita sudah terjerat "godaan sekali ini saja". Sekali saja yang sebenarnya sudah berkali kali. 

Dalam mengatasi hal itu yang perlu kita lakukan adalah buat diri kita selalu keep alert bahwa situasi ini tidak boleh berlarut.

Rehat sejenak boleh saja, tapi namanya sejenak yaa tidak untuk selamanya. rehat sejenak, lalu diikuti dengan action yang berkali lipat guna menutup gap selama kita rehat sejenak itu. 

4. Paksakan diri untuk selalu konsisten

mau tidak mau kita harus lakukan apa yang sudah menjadi rencana kita dengan konsisten. 

Ya inilah namanya perjuangan untuk mencapai tujuan. Jeratan "godaan sekali ini saja" adalah tantangan yang harus kita hadapi dan kita taklukan. 

Jika memang kita tidak ingin konsisten dan tidak suka berjuang, ya tidak usah muluk untuk punya tujuan. 

itulah sedikit cerita dari saya yang sudah sebulan vakum menulis. Semoga kita selalu bisa mengatasi jeratan "Godaan Sekali ini saja".  yuuk ah saling berbagi cerita. kalau ini cerita dari saya... lalu bagaimana cerita mu?

salam,

Emak2 satu anak, member militan kaum rebahan... :D

Sources Pictures:

1. https://www.mentalfloss.com/article/624277/fun-things-to-do-when-you-are-bored
2. https://www.hermanyudiono.com/cara-mengatasi-malas-menulis/





3 komentar

  1. Saya juga ngerasain kayak gini juga seminggu yang lalu.Bete banget. Padahal, kepengen nulis, tapi begitu mau dimulai nge-blank. Semangat Nge-blog mbak. Salam kenal 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba salam kenal juga yaah. Bener banget mau mulai nulis aja berat bagt waktu itu. Tapi emang harus dipaksakan. Makasih yaah kak dah mampir ke blog ku😊😊

      Hapus
  2. Mba, pgn ikutan wah 1M1C gimana caranya? Dulu pas msh kerja aku update blog itu 2 Minggu sekali mba. Tp setelah resign aku mau konsisten di seminggu sekali. Kayaknya kalo ikut WAG bisa jd motivasi banget :).

    Kdg EMG bisa kok jenuh nulis. Wajar banget. Akupun yg hobinya memang nulis, kdg ttp ngerasain malesnya mau update. Apalagi ini blog hanya utk have fun, bukan cari duit. Jd ga ada paksaan dan tekanan. Tp tetep aja kalo dipikir, ntr blog jd berdebu, temen2 yg suka mampir jadi males Krn g ada update an, kan jd sayang :D. Dari situ aku paksain utk nulis lagi, semalas apapun. Skr ini aku skip nulis hanya kalo sdg traveling. Itu aku memang stop Krn mau fokus enjoy nikmatin jalan2nya.

    BalasHapus