Tips menjadi MC dadakan di kantor

      source image from kompasiana.com

Pernah ga tiba -tiba ga ada angin, ga ada ujan kita ditunjuk Jadi MC di acara kantor? Dadakan..? Hahhaaa ngacuung yang pernah😁

Ini saya mau sharing aja yaah pengalaman menjadi MC dadakan di acara kantor.

Menjadi MC apalagi dadakan bukan  perkara mudah yaa.. apalagi amatir seperti saya.
Waktu itu saya ditunjuk untuk menjadi salah satu MC dalam acara lokal inagurasi di kantor saya.  Dan yang lebih bikin deg2an adalah dwi bahasa, karena acara itu dihadiri oleh presiden direktur dan jajaran direktur dari kantor pusat. You know kaaan.

Nah yg saya mau berbagi tips yang saya lakukan waktu itu adalah:

1. Pahami susunan dan tujuan acara yang akan kita pandu. Diskusikan dengan tim acara dulu yaah.

2. Persiapkan cue card alias contekan waktu ngomong bentuknya kertas kecil A5. Terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. Sebisa mungkin bahasa yang dipakai bahasa yang mudah diucapkan yaah. Takut kepleset lidah kalo pas grogi. Jangan lupa urutkan cue card atau diberi nomor jadi biar tau urutan ngomong.

3.  Sempatkan latihan minimal 1 kali untuk bisa tek tok ketika chit chat dengan rekan MC kita. Karena dadakan yaa latihannya langsung aja di TKP. Biar suasanannya berasa

4.  Pastikan outfit kita bersih, rapi dan nyaman buat dipake. Dan touch up yaa.  Ingat semua mata itu tertuju pada anda yaah.

5.  Usahakan ketika berbicara jangan terlalu cepat, tapi jangan terlalu lambat juga yaah. 

6. Jangan lupa sapa pengunjung atau para tetamu yaa untuk sedikit mengurangi ketegangan.

7. Santuy and relax aja yaah. All is well yaah

Point nomor 7 ini yang paling penting. Kalau kita gak santuy dan gak relax bisa ambyar. Ingaat kita ditunjuk jdi MC itu pasti karena kita dianggap mampu. Ingaat pasti kamu bisa.

Sebelum mulai. Baca doa, exhale inhale dan minum air putih. Kalau mau ketoilet jangan ditahan yaa. Hehee

Ingaat.. grogi dan panik itu manusiawi kok.. tapi percayalaah itu hanya diawal saja. Kalau kita berhasil melewati tahapan awal ini.. insya Allah semua berjalan lancar.

Setelah acara inaugurasi ini, saya sering ditunjuk jadi MC untuk acara lain dikantor saya. Yaah lumayan nambah pengalaman walaupun sebagai MC amatiran dan mc acara internal kantor.😊😊

Selamat mencobaa

0 komentar