Alergi Uang... Lah Kok Bisa?

Sependek pengetahuan saya selama ini, jenis alergi itu macam-macam. Ada yang alergi karena seafood atau karena susu, ada alergi karena udara, alergi debu dan ada juga alergi karena pasta gigi. Semua jenis alergi tersebut pernah saya dengar, bahkan pernah saya alami sendiri. 

saya pikir jenis alergi itu hanya seputar hal-hal diatas saja, namun ternyata ada juga lho alergi yang aneh menurut saya, yaitu Alergi Uang! "nah lho, kok bisa?", enggak kebayang yaa alergi kok ya alergi uang. Kalau saya mah bakalan alergi kalo lagi gak ada uang🤪🤪 alias bokek bin kanker (read: kantong kering). 

Eh... tapi beneran lho  ini bu tejo, ada alergi karena uang lho. Alergi disini bukan penyakit yang sering datang di akhir bulan yaah, apalagi buat orang kantoran yang gajian tiap tanggal muda.
 
Yuk kita sama-sama belajar mengenal jenis alergi yang satu ini
 

Apa itu Alergi Uang?

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap zat atau benda tertentu. reaksi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Reaksi tersebut dapat berupa ruam dan gatal pada kulit, bersin-bersin, demam pada tubuh hingga sesak nafas. Sedangkan benda atau zat yang dapat memicu alergi disebut sebagai Alergen.
 
Alergi uang logam itu sendiri dapat diartikan sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahan baku pembuatan uang logam. Uang logam dibuat menggunakan bahan Nikel, dimana jenis logam ini dapat menjadi pemicu terjadinya alergi pada kulit yang biasa disebut Alergi Dermatitis Kontak. 
 
Alergi Dermatitis Kontak ini akan terjadi apabila bagian kulit bersentuhan dengan pemicunya dalam hal ini bahan logam berupa Nikel. Alergi ini akan menimbulkan gejala berupa ruam kemerahan, gatal, iritasi berlebihan dan kulit  menjadi kering seperti terbakar. Dalam kasus yang parah, alergi ini dapat mengakibatkan kulit melepuh dan mengeluarkan cairan.

Alergi uang logam atau alergi nikel ini sebagaimana dilansir oleh media detik.com pada rubrik detikhealth juga dialami oleh seorang wanita yang berasal dari kota Sheffield, UK, bernama Emma Kililea. Dimana setiap kali memegang uang logam, kulit Emma akan mengalami bengkak dan gatal. Emma mengalami Alergi berat terhadap benda apapun yang berbahan baku Nikel termasuk uang logam.
Nikel sendiri tidak hanya ada di uang logam melainkan juga ada di perhiasan, anting, gesper, bingkai kacamata, peralatan rumah tangga bahkan telepon seluler.  Artinya dalam kehidupan sehari-hari,kita relatif sering terpapar dengan Nikel, namun dikarenakan setiap orang berbeda tingkat sensitifitasnya, maka alergi bisa saja terjadi pada seseorang, namun tidak dengan orang yang lain. 

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan resiko terjadinya alergi logam  atau alergi Nikel ini yaitu:
  1. Penggunaan perhiasan berbahan nikel
  2. Bekerja dengan paparan Logam. orang yang bekerja dengan paparan logam ini memiliki potensi lebih besar mengalami alergi dibandingkan orang yang bekerja tidak dengan paparan logam
  3. Ada riwayat keluarga yang alergi terhadap nikel
  4. Memiliki alergi terhadap logam lainnya. kemungkinan juga akan  alergi terhadap nikel
  5. Wanita lebih rentan mengalami alergi ini, karena wanita relatif lebih sering menggunakan perhiasaan

lalu... Mengapa Nikel bisa menjadi pemicu alergi?

Nikel sendiri bersifat asam dan sangat korosif pada kulit serta membran mukosid (Selaput lendir). Adanya kontak  dengan logam ini secara terus menerus dalam durasi waktu yang lama pada kulit yang sensitif akan menyebabkan ulkus atau korengan. Dalam dosis rendah, paparan Nikel akan menyebabkan kulit gatal dan luka yang tidak cepat sembuh. 
 
Gangguan kesehatan kulit karena terpapar Nikel dapat mengakibatkan dermatitis kontak iritan dan kontak alergi. Prevalensi dermatitis kontak nikel bervariasi di berbagai negara. Prevalensi pada wanita lebih tinggi disebabkan wanita sering kontak dengan alat-alat yang mengandung nikel seperti perhiasan, kancing, peralatan rumah tangga maupun dari telpon selular. 
 
Dr. Stephen Rothman seorang pendiri American Investigative Dermatology pada tahun 1930 pernah mempublikasi hasil penelitiannya yang menyatakan bahwa Nikel adalah salah satu pencetus terjadinya Alergi Dermatitis Kontak. Selain itu pada tahun 2008, Nikel dinobatkan menjadi Contact Allergen of the Year oleh American Contact Dermatitis Society, karena nikel dianggap menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan kulit yang signifikan. 
 
Berdasarkan Agency for Toxic Subtances & Disease Registry, dermatitis kontak ditemukan pada 15,5 % dari sekitar 75.000 orang yang menjalani patch test dengan Nikel Sulfat. Dermatitis Kontak lebih sering terjadi pada wanita, khususnya wanita muda dibandingkan pada laki-laki atau orang yang lebih tua. 

 

So.. ini dia cara mencegahnya

jujur saya baru tau tentang alergi ini dan alhamdulillah belum pernah mengalaminya, jangan sampe dah yaa. Namun jika memang kita mengalami alergi uang logam atau alergi nikel ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk dapat mencegah terjadinya alergi ini:
  1. Kenali pemicu alergi
  2. Hindari kontak langsung dengan pemicu alergi
  3. Pilihlah bahan lain yang bersifat allergen free atau nickel free stainless steel pada peralatan rumah tangga
  4. Gunakan material subtitusi. Jika kita alergi uang logam, bisa kita ganti dengan uang kertas atau beralih ke e-money
  5. Gunakan sarung tangan jika harus memegang sesuatu yang berbahan nikel 
  6. Hubungi dokter jika alergi tersebut cenderung menjadi parah, menyakitkan dan mengganggu 
so.. sudah paham dong ya sekarang apa itu alergi uang. ternyata alergi uang itu memang benar-benar ada dan literally amuncul ketika bersentuhan langsung dengan uang logam. Untungnya sekarang sudah banyak sistem pembayaran yang menggunakan sistem online yaah, jadi gak perlu khawatir berlebihan lagi dengan alergi uang logam ini. 
 
Coba kalau sistem pembayaran masih serba manual, gak kebayang kalau habis belanja dan dapat kembalianya berupa  uang logam, terus kita dengan sukarela bilang.. "Ya sudah deh kembaliannya diganti aja pake permen, jangan uang..." hahahaaa.

cerita ini diikutkan dalam weekly challenge komunitas blog #1m1c dengan tema minggu ini adalah #Alergi


Referensi:
 
http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-pkl08056354a8full.pdf  Hubungan Paparan Nikel Dengan Gangguan Kesehatan Pada Pekerja Industri Rumah Tangga Pelapisan Logam di Kabupaten Sidoarjo oleh Nurul Miaratiska & R. Azizah.

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nickel-allergy/symptoms-causes/syc-20351529

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1738237/alergi-uang-yang-bikin-iritasi-kulit-parah

Picture by Youtube Account Aku Punya Cerita


 
 


 
 
 



2 komentar

  1. Sudah juga yaaa kalo alergi uang logam gitu. Ga bisa kerja di bank , trutama kalo nerimain uang logam dr nasabah :D. Ato jd hrs pake sarung tangan. Syukurnya skr ini udh musim cashless. Jadi ga hrs megang duit. Aku sendiri ga suka megang cash mba. Ribet, dan memang LBH seneng TRX cashless aja ntah pake kartu ato e money. Apalagi sjk pandemi, stiap abis megang duit, aku rempong sendiri cuci tangan hahaha. Sebelum resign aku kerja di bank. Jd stiap kali abis megang duit, aku lgs ke toilet cuci tangan hahahaha. Begitu trus, ga keitung sehari berapa kali dah. Makanya ga terlalu suka megang uang cash gini

    BalasHapus
  2. Daku punya teman yang alergi nih sama kertas-kertas dan nikel gini, kadang kasihan tapi ya dia sendiri sudah terbiasa, jadi ngejaga banget dirinya. Beruntung sekarang, hampir semua transaksi bisa cashless ya.

    BalasHapus